Skip to main content

Psikologi Pendidikan Anak Berbakat


UIx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Psikologi Pendidikan Anak Berbakat merupakan Mata Kuliah Pilihan (MKP) dalam Kurikulum Tahun 2018, Program S1 Psikologi Universitas Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa pada semester lima keatas.. Dengan mengikuti MKP Psikologi Pendidikan Anak Berbakat mahasiswa dapat mengenal dengan baik ruang lingkup aktivitas psikolog di sekolah dalam penanganan masalah  siswa Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI).

Bobot SKS : 2

Capaian Pembelajaran 

MKP ini bertujuan untuk memberi mahasiswa wawasan teoretik tentang definisi keberbakatan, karakteristik keberbakatan, identifikasi  siswa CIBI dan hal-hal lain terkait keberbakatan. Kompetensi yang akan dicapai dari Mata Kuliah ini adalah kemampuan dalam mengenal dan memahami konsep serta pengetahuan tentang keberbakatan, menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan siswa CIBI, serta menerapkan pengetahuan tentang keberbakatan dalam pembelajaran untuk siswa CIBI


Dosen Pengampu

Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, M.M.,Psikolog

email: [email protected]

Profil Dosen :

Riwayat Pendidikan

  • S1: Universitas Indonesia, Dra Psikologi
  • S2: Universitas Indonesia, Magister Sains Ilmu Psikologi
  • S3: Universitas Indonesia, Doktor Ilmu Psikologi

Artikel

  • Stress dan Perilaku Coping pada Siswa SMU Program Percepatan belajar [Penulis Kedua]. Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas Gifted Review, 01 (01). (2007)
  • Studi Kasus: Konsep Diri Akademik Siswa Tunaprestasi dan Terapi Perilakuan Kognitif pada Siswa Sekolah Dasar [Penulis Kedua]. Anima, Indonesian Psychological Journal, 24 (4), 334-337. (2009)
  • The Contribution of Adversity Quotient on High School Acceleration Learning Student at Jakarta [Second Author]. Jurnal Ilmiah Psikologi, 11 (2). (2009)
  • Wisdom (hikmah) Studi Komparatif Pandangan Ibnu ‘Arabi dan Robert Sternberg [Penulis Kedua]. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 1 (2). (2010)
  • Adjustment Problems dan Psychological Well-Being pada Siswa Akseleran (Studi Korelasional pada SMPN 19 Jakarta dan SMP Labschool Kebayoran Baru) [Penulis Kedua]. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (1). (2012)

 

  1. Nomor Kursus

    PSPS609015/001002392008
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    English
  5. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.